Rabu, 30 April 2014

FUNGSI COUNTIF, SUMIF, AVERAGEIF DALAM MS. EXCEL

Fungsi COUNTIF termasuk kedalam kategori Logic Functions. Fungsi ini pada dasarnya memiliki kegunaan yang sama dengan fungsi count, yaitu untuk menghitung banyaknya data. Namun pada fungsi countif, banyaknya data ini hanya akan dihitung jika sesuai dengan kriteria atau kondisi tertentu. Aturan penulisannya sebagai berikut:

=COUNTIF(Range Data;Kondisi)

Agar lebih jelas dalam memahami penggunaan fungsi countif, perhatikan contoh tabel berikut ini. Tiap-tiap siswa memiliki status kelulusan yang berbeda dimana ada yang LULUS dan ada yang GAGAL. Sementara yang ditanyakan adalah berapakah jumlah siswa yang LULUS?
Berdasarkan aturan penulisan countif, status "LULUS" merupakan kondisi yang dikehendaki, dan range yang memuat status LULUS tersebut merupakan range data yang akan dihitung oleh Excel yaitu sel C3 hingga C6. Dengan demikian formula untuk menghitung banyaknya siswa yang lulus tersebut adalah sebagai berikut:

C7=COUNTIF(C3:C6;LULUS)

Namun berdasarkan aturan penulisan formula, LULUS adalah variabel yang tidak dikenali oleh Excel sehingga formula diatas jelas akan menghasilkan pesan kesalahan jika dijalankan. Agar kata LULUS tersebut dikenali, maka kita berikan tanda kutip diantaranya, sehingga formulanya menjadi:

C7=COUNTIF(C3:C6;"LULUS")

Dan sekarang formula ini akan menghasilkan nilai yang benar seperti tampak pada gambar berikut ini :


Fungsi SUMIF digunakan untuk melakukan perhitungan proses sumary (menjumlahkan) suatu data dalam range dengan kondisi tertentu yang harus dipenuhi.
Rumus SUMIF : =SUMIF(range,criteria,sum_range)

Lebih jelasnya, silahkan perhatikan contoh dibawah ini :

Untuk menyelesaikan kasus seperti diatas, untuk mengisi kolom H5, maka dapat kita gunakan rumus sebagai berikut :
=SUMIF(C4:C13,G5,E4:E13) kemudian Enter.

Jika fungsi Average digunakan untuk menghasilkan niali rata-rata dari sederetan argumen, maka fungsi AVERAGEIF digunakan untuk mencari rata-rata dari range berisi data dengan kriteria tertentu.

Sebagai contoh penggunaan fungsi AVERAGEIF yang sederhana adalah sebagai berikut:

Buatlah data seperti contoh data pada gambar dibawah ini,

Untuk mencari rata-rata cukup mengetikkan rumus pada cell E13 dengan rumus =AVERAGE(E3:E12) lalu Enter,

Lalu untuk mencari rata-rata nilai pada data yang bergender pria Anda dapat menggunakan rumus Averageif pada cell E14 dengan rumus =AVERAGEIF(D3:D12;"Pria";E3:E12),

Untuk mencari rata-rata nilai pada gender Wanita, Anda dapat menggunakan rumus Averageif pada cell E15 dengan rumus =AVERAGEIF(D3:D12;"Wanita";E3:E12), maka hasilnya :
Maka hasilnya akan seperti ini :

1 komentar:

  1. terima kasih infonya
    penjelasan countif excel nya menarik
    bisa langsung dipraktekkan

    BalasHapus