Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP dalam Microsoft Excel berguna untuk membaca suatu tabel, lalu mengambil nilai yang diinginkan pada tabel tersebut berdasarkan kunci tertentu. Kunci ini berupa sel referensi (contoh: sel A2) atau nilai, seperti kode, nomor anggota, nama, dan sebagainya.
Jika tabel tersusun secara vertikal, maka dapat kita gunakan fungsi VLOOKUP dengan rumus :
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)
Berikut kami sertakan contohnya :
Untuk mengisi kolom harga barang di sel B4, maka dapat kita gunakan rumus : =VLOOKUP(B3,$G$4:$I$7,2) kemudian Enter.
Untuk mengisi kolom Merk di sel B5, maka dapat kita gunakan rumus :
=VLOOKUP(B3,$G$4:$I$7,3) kemudian Enter.
Namun, jika sel tersusun secara horizontal, kita dapat menggunakan rumus :
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,range_lookup)
Berikut kami sertakan contohnya :
Untuk mengisi kolom gaji di sel F4, maka dapat kita gunakan rumus :
=HLOOKUP(D4,$L$13:$U$15,2) kemudian Enter.
Untuk mengisi kolom jabatan di sel H4, maka dapat kita gunakan rumus :
=HLOOKUP(D4,$L$13:$U$15,3) kemudian Enter.
Bila Anda memiliki saran atau pertanyaan tentang VLOOKUP dan HLOOKUP, silakan sampaikan di kotak komentar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar